Kamis, 28 April 2011

Kesiapan SD/MI Kota Tanjungpinang menghadapi UN 2011

"Optimis lebih baik " kalimat itulah yang terucap dipermulaan acara rapat koordinasi dengan Kepala Sekolah dan Guru-guru kelas 6 SD/MI se Kota Tanjungpinang pada Sabtu 23 April 2011. "Tidak berlebihan " Rasanya cukup beralasan jika melihat hasil UN tahun sebelumnya, dan evaluasi terhadap nilai TO 1 dan 2 yang dilaksanakan sebelum UN 2011. Dengan menggunakan nilai minimal rata-rata rapor dan Nilai Sekolah 6 , Nilai TO 2 (menggunakan data nilai diatas 5,1, sebagai gambaran nilai UN) dengan formula 40% : 60% . Tingkat Kelulusan telah mencapai angka 88%. Tentunya kita sepakat bahwa nilai rata-rata rapor dan nilai sekolah lebih banyak siswa memperoleh nilai diatas 6 Maka prediksi kelulusan diatas 95% bukan mustahil untuk dicapai pada UN mendatang. Tapi prediksi sebagaimana prediksi kelulusan SMA/MA/SMK, SMP/MTs bisa saja meleset karena faktor-faktor yang tidak terdeteksi atau diduga sebelumnya.
Tray Out 2 memberikan gambaran bahwa nilai rata-rata siswa SD/MI Kota Tanjungpinang untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 7,32, IPA nilai rata-rata 6,72, dan mata pelajaran Matematika hanya memperoleh nilai 4,65. Nilai matematika hampir disemua jenjang pendidikan memperoleh nilai yang belum memuaskan. Tapi yang menarik untuk dikaji dari semua mata pelajaran yang di UN kan pada semua tingkatan hanya mata pelajaran matematika yang beberapa siswa memperoleh nilai 10 dan pada mata pelajaran matematika juga diperoleh nilai siswa paling rendah dan rentang nilai tertinggi dengan yang terendah juga pada nilai matematika.
Tidak sebagaimana TO SLTP dan SLTA , TO SD menguji 5 mata pelajaran, yaitu 3 mata pelajaran UN Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA ditambah mata pelajaran PKN dan IPS . Untuk PKN dan IPS perolehan nilai rata-rata SD se Kota Tanjungpinang yaitu 6,0 dan 6,12.
Sebagaimana dijadwalkan sebanyak 3.071 siswa dari 65 SD/SDLB/MI akan mengikuti UN dimulai pada hari Selasa tanggal 10 Mei 2011 sampai dengan Kamis tanggal 12 Mei 2011. Harapan kita semoga memperoleh hasil yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

SEMS-300411

Tidak ada komentar:

Posting Komentar