Kamis, 21 April 2011

Senin (25/4-11) , 26 SMP/MTs Kota Tanjungpinang Mengikuti UN 2011


Alhamdulillah, UN SMA/MA/SMK telah selesai dengan aman dan lancar. Kamis sore (21/4) dengan disaksikan oleh pihak-pihak terkait di Poltresta Tanjungpinang, lembar jawaban dikemas rapi untuk selanjutnya dikawal menuju ke Kota Batam untuk proses selanjutnya.Sepanjang pantauan kita semua berjalan sesuai jadwal dan prosedur. Hanya saja masih ada 2 siswa yang karena sakit harus mengikuti Ujian Susulan yang direncanakan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 25 April 2011.

Sesuai agenda pada hari Senin (25/4)pelaksanaan UN tingkat SMP/MTs dimulai sampai dengan tanggal 28 April 2011 dengan mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Ujian Nasional Utama untuk tingkat SMP/MTs Negeri maupun swasta di Kota Tanjungpinang diikuti oleh 1.777 siswa pada 26 sekolah dengan jumlah pengawas sebanyak 52 guru-guru SMP/MTs yang dengan sistim silang.
Persiapan pelaksanaan setakat ini sudah hampir rampung,persiapan ruangan sijadwalkan tuntas pada Sabtu (23/4).Jum'at (22/4)dilaksanakan rapat penjelasan tentang tugas dan tata tertib pelaksanaan UN bagi para pengawas. Sementara itu evaluasi terakhir tentang kesiapan siswa untuk mengikuti UN telah dilaksanakan pada Rapat Kerja Kepala-Kepala Sekolah dan Guru-guru bidang study UN Se Kota Tanjungpinang pada tanggal 18 April 2011. Sebagai indikator capaian target kurikulum digunakan data capaian nilai dalam rata-rata TO2.
Menilik pada perolehan nilai rata-rata siswa pada TO2, Tingkat kesulitan siswa adalah 87 % pada mata pelajaran Matematika, 55 % Bahasa Inggris, 40% pada mata pelajaran IPA , dan 7 % Bahasa Indonesia.Namun jika dilihat dari capaian nilai tertinggi justru pada mata pelajaran matematika dengan perolehan nilai 10 sebanyak 9 siswa terdiri dari SMPN 5 sebanyak 5 siswa, SMPN 4, 2 siswa, SMPN 1, SMPN 7 dan SMPS Meitriyawira masing-masing 1 siswa. Nilai tertinggi Bahasa Inggris adalah SMPN 5 nilai 9,80. Mata pelajaran IPA Nilai tertinggi SMN 1 nilai 9,25. Untuk Bahasa Indonesia nilai tertinggi SMPN 5 dengan nilai 8,80. Dengan demikian sama halnya dengan SMA/MA/SMK permasalahannya pada "nilai rata-rata" alias pemerataan.
Karena kelulusan ditentukan oleh nilai kolektif, bukan semata-mata nilai per mata pelajaran (asal NA tidak dibawah 4) maka optimisme tingkat kelulusan siswa SMP/MTs Kota Tanjungpinang meningkat dari tahun sebelumnya. Lantas..berapa target kelulusan ? ya 100%. Namun prediksi kelulusan atas nilai TO2 bisa dicapai diatas 90%. (Insya Allah)
- SEMS 230411

Tidak ada komentar:

Posting Komentar