Sabtu, 09 April 2011

Rakor Persiapan UN SMA/MA/SMK Kota Tanjungpinang


Apresiasi patut disampaikan atas upaya dan optimisme 170 lebih para kepala sekolah, guru bidang study SMA/MA/SMK se Kota Tanjungpinang dalam upaya peningkatan kelulusan siswa yang akan mulai digelar pada tanggal 18 s/d 21 April 2011. Rapat kordinasi difokuskan pada evaluasi menyeluruh terhadap hasil TO, sehingga diperoleh pemetaan kekuatan dan kelemahan yang perlu untuk disikapi dalam perencanaan kedepan, tidak hanya UN yang didepan mata, tapi lebih kepada perencanaan kedepan.
Menarik untuk dicermati bahwa dari pemaparan hasil evaluasi dan diskusi tanya jawab, persoalan pokok yang sangat menonjol yang perlu untuk dibenahi adalah "pemerataan". Pemerataan kesempatan bagi seluruh guru bidang study untuk memperoleh pelatihan dan pendidikan, penyebaran guru yang berprestasi dan berdedikasi kesekolah-sekolah yang perlu dibina. dan pemerataan untuk semua sekolah dalam merekrut atau menerima siswa baru.

Untuk pemerataan kesempatan bagi guru bidang study untuk mengikuti diklat dan penempatan guru berprestasi dan berdedikasi ke sekolah-sekolah tertentu dapat dilaksanakan jika tersedia anggaran yang memadai, Namun bagi guru berprestasi dan berdedikasi perlu pertimbangan terhadap prestasi yang telah dicapainya, karena bagaimanapun prestasi itu punya "nilai" . Nilai yang sewajarnya untuk diberikan "reward" baik finansial maupun non finansial.

Kesempatan pemerataan menerima siswa baru (PSB), bagi masyarakat adalah soal "pilihan". Pilihan atas dasar "penilaian" . Penilaian tersebut identik dengan prestasi. Prestasi itu sendiri selalu muncul dari siswa terpilih. Nah..lho........Solusinya pemerataan mutu pendidikan, dan pembatasan daya tampung dll...dll...dll (segera dirembugkan)
Tentang optimisme peningkatan target kelulusan siswa, bertolak dari hasil TO, bila prediksi sebaran soal TO tidak meleset dari soal-soal UN, prediksi tersebut tidak mengada-ada dan apalagi siswa akan lebih serius menghadapi UN dibandingkan dengan menghadapi TO yang lalu.
Data kelulusan tahun yang lalu tingkat SMA/MA/SMK Ujian utama 79,69% Ujian ulangan 88,09 % . Prediksi tingkat kelulusan tahun 2010/2011 sekitar 95 - 97 %
Insya Allah
SEMS090411

Tidak ada komentar:

Posting Komentar