Sabtu, 02 April 2011

Prediksi UN dari TO SMA/MAN/SMK Tanjungpinang

UN Utama tingkat SMA/SMK dua minggu lagi akan digelar, berbagai usaha dilakukan, bermacam cara dipraktekkan, beraneka jurus dimantapkan, doapun sudah. Apalagi....? Ya tunggu hasil, nantikan tanggapan, simak komentar, catat pendapat serta sabar bila dikritik. Berpikir positif, membaca dengan logika serta bertindak dengan hati nurani. Logikanya pendidikan adalah suatu proses yang melibatkan tanggungjawab semua pihak, tentunya sesuai dengan porsinya masing-masing.
Jika tray out yang telah dilaksanakan selama dua kali dijadikan sebagai barometer memprediksi hasil UN nantinya. Selama beberapa hari ini saya mempelototi setiap helai dan baris kertas nilai TO 1 dan TO 2 Kota Tanjungpinang. Hasilnya.....???

1. Kenaikan Nilai Rata-Rata TO 1 ke TO 2

Disemua SMA/MAN/SMK Kota Tanjungpinang mengalami kenaikan nilai rata-rata . Nilai rata-rata tertinggi adalah SMAN 1/IPS 7,03 , SMKN 1 6,88 dan SMAN1/IPA 6,71. Sedangkan nilai rata-rata terendah adalah 3,40.

2. Nilai Kritis Mata Pelajaran TO 2

Jika nilai dibawah 4 dianggap sebagai "nilai kritis" maka hasil yang diperoleh adalah :
  • SMA/MAN - IPA , 42% Fisika, 25% Kimia, 21% Matematika, 6% Biologi, 4% Bahasa Inggris dan 1% Bahasa Indonesia.
  • SMA/MAN - IPS , 46% Matematika, 24% Ekonomi, 23% Geografi, 15% Bahasa Inggris , 8% Sosiologi dan 5% Bahasa Indonesia
  • SMK, 35% Matematika, 20% Bahasa Indonesia dan 1% Bahasa Inggris.
Untuk mata pelajaran yang diujikan di SLTA semua jurusan (SMA/MAN-IPA/IPS/BAHASA dan SMK) yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika diperoleh data "nilai kritis" sebagai berikut:
Bahasa Indonesia 67% Nilai Matematika, 21% Bahasa Indonesia dan 11% Nilai Bahasa Inggris.
Walaupun nilai TO tidak mempengaruhi Nilai Akhir kelulusan siswa, Namun setidak-tidaknya perolehan nilai TO dapat dijadikan dasar pertimbangan upaya peningkatan keberhasilan UN pada khususnya , dan pertimbangan program kegiatan tahun-tahun mendatang.
(S.Evi.MS.020411)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar